Top Headlines

02 December, 2009

Komunikasi Pertanian dan Penyuluh Pertanian

Komunikasi adalah suatu pernyataan antar manuasia, baik secara perorangan maupun berkelompok, yang bersifat umum dengan menggunakan lambang-lambang yang berarti, maka akan tampak bahwa dengan perkembangan objek tertentu akan memerlukan komunikasi yang lebih spesifik (Soekartawi, 1988) .

Komunikasi Pertanian adalah pernyataan antar manusia, baik kelompok maupun perorangan, yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang-lambang tertentu seperti sering dijumpai pada metode penyuluhan.

Penyuluhan pertanian adalah sistem pendidikan informal (diluar sekolah) yang diberikan kepada petani dan keluarganya, agar mereka mampu, sanggup dan berswadaya meningkatkan atau memperbaiki kesejahteraan keluarganya sendiri atau bila mungkin meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekelilingnya.

Dalam perkembangannya komunikasi pertanian dimulai dari komunikasi linear, komunikasi dikatakan berhasil bila komunikator telah dapat menyampaikan pesan kepada komunikan. Pendekatan baru dikembangkan dengan titik berat pada peranan komunikan dan dikenal dengan two way traffic.

Komunikasi diartikan sebagai pertukaran informasi untuk mendapatkan kesamaan makna antara koomunikator dan komunikan. Keberhasilan komunikasi juga ditentukan oleh pengaruh sosiolgi, psikologis sosial, serta faktor yang lain.
Dengan demikian komunikiasi pertanian menjadi penting dalam metode penyuluhan pertanian sehingga perlu dipahami oleh petugas penyuluh pertanian.

Sumber :
Di Intisariakan dari BP Pengantar Ilmu Pertanian FP UNS 2004
Soekartawi. 1988. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Jakarta: UI Perss

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More