Top Headlines

01 December, 2009

Situs Tunjukkan Cara Hindari Tsunami

Sebuah website pendidikan telah dioperasikan untuk membantu orang-orang agar siap menghadapi serangan tsunami. Situs itu dikembangkan oleh Institut Oceanografi Wood Hole.

Dijuluki dengan petunjuk interaktif yang dapat menyelamatkan hidup anda, situs tersebut juga menampilkan hasil riset sains terakhir yang berhubungan dengan tsunami, serta video dari para korban yang selamat, lengkap dengan wawancara.

“Tsunami tidak bisa dicegah atau diperkirakan," kata Lin Jian, pengagas situs.

Ia juga seorang ahli geologi Woods Hole yang secara aktif terlibat dalam penelitian tsunami, serta anggota komite nasional AS untuk peringatan tsunami dan kesiagaan.

"Orang yang mengetahui tentang tanda-tanda peringatan tsunami dapat menyelamatkan hidup mereka sendiri dan kehidupan orang lain."

Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ombak pelabuhan,” istilah itu digunakan saat terjadi gempa di bawah permukaan laut, longsor atau pun ledakan gunung berapi yang dapat menciptakan gerak secara tiba-tiba pada air laut sebelum akhirnya menciptakan serangkaian ombak yang sangat besar.

Di laut terbuka, ombak semacam itu dapat mencapai kecepatan 500 mil per jam atau setara dengan pesawat jet.

Tsunami dapat menelan daerah pesisir dengan cepat, dan mengakibatkan kerusakan serta kematian yang luas seperti halnya yang terjadi di Samudera India pada tahun 2004 yang menelan korban hingga 240 ribu nyawa.

Website tersebut berisi petunjuk dan cara untuk mempersiapkan diri dari tsunami, serta bagaimana orang harus merespon saat ombak ini mendekat dan apa yang harus dilakukan setelah itu.

Situs tersebut dapat diakses di www.whoi.edu/home/interactive/tsunami.[ito]

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More