Top Headlines

24 January, 2010

Motivasi (kepemimpinan dan motivasi)

Motivasi:suatu proses psikologis yg mencerminkan interkasi antara sikap, kebutuhan presepsi dan keputusan yang trjadi pada seseorang, dimana proses psikologis ditimbulkan karena faktor intrinsik dan faktor ekstinsik
Faktor Intrnsik : Kpribadian, sikap, pengalaman, pendidikan, harapan, sistem nilai yg dianut
Faktor ekstrinsik : pengaruh org lain.







P = f (m,k,p)
P : penampilan
M : motivasi
K : Kemmapuan
P : persepsi
  • Sehingga motivasi : dorongan yg timbul pd diri seseorang untk berprilaku dlm mencapai tujuan yg telah ditentukan.

Motivasi sebagai mata rantai Need – want – satisfactionation
Needs à cuis rise to à want à which cause à tensions è which give è noise è actions è which result in è satisfactions

TEORI2 MOTIVASI
Dibagi menjadi 2 aliran
1. Teori kepuasan (content theory)
-       pentignya oengetahuan thd faktor2 dlm diri bawahan yg n\menybabkan mek berprilaku
-       kebuthan apa yg diperlkan olh bawan untk mencapai kepuasan
-       dorngan yg menybabkn bwhan itu berprilaku
-       maslow, Mc Gregor, Herzberg, Mc Cleland
2. Teori Proses
-       Bgmn Bwahan bisa dimotivasi
-       dg tujuan apa bawahan itu bisa dimotivasi
Dibagi dlm 2 teori besar yg lain
1.      teori insturmental : teori tukar menukar dan teori harapan
2.      teori kebutuhan :
a.    Teori Hedorisme : dimotivasi scr tepat agr mau bekerja dg baik, dg memenuhi kesenangannya.
b.    teori reaksi yg dipelajari (kebudayaan) : untuk memotivasi hrs mengtahui latr belakang kehidupan dan kebudayaan orang2 yg dipimpinnya
c.    Teori kebutuhan : tindakan manusiia pd hakikatnyua adal untuk memnuhi kebutuhan, à maslow, , Herzberg, Mc Clelland, victor vrom

c1. teori kebutuhan (statification of needs theory) by Maslow
-         manusia adalh binatang yg berkeinginan ‘
-         segera setelah suat kebutuhan terpenuhi kebutuhan lain muncul
-         kebutuhan2 manusia diorganisir kedalam kebutuha yg bertingkat2
-         baru setelah kebutuhan terpenuhi maka mereka tidak mempunyai pengruh yg dominan dan kebutuhan lain yg lebih meningkat mulai mendominasi

5 jenjang kebutuhan pokok manusia
1.      Kebutuhan mempertahankan hidup (physiological needs) à sandnag pengan papan
2.      kebutuhan aman (safety needs) àkemanan hrta dan jiwa, pelakuan yg adil \, pensin, jaminan hari tua
3.      3 kebutuhan sosial (social needs) : perasaan diterina orng lain (sense of beleong), kebutuhan unuk maju dan tidak gagal (sense of participation
4.      kebutuhan akan penghargaan (esteem needs)
5.      Kebutuhan mempertinggi kapasiatas kerja (self actualization) : kebutuhan untuk mengembangkan kapasitas mental dan kerja, pendidikan, seminar dll

c.2 Teori pemeliharaan motivasi (motivation maintenance theory) by Herzberg
1)      Kelompok satisfers / motivation
2)      kelompok dissatisfiers / hygiene factors
v     Satisfers : faktor atau situasi yg merupakan faktor kepuasan kerja : achivement, recognation, work habit, responbility, advancement
v     Dissatisfier : faktor2 yg menjadi sumber ketdakpuasan. Company policy adinistration, supervison technical, job securit, kondisi kerja, hub dg pemimin

Kesimpulan teori Herzberg
ü      perbaikan gaji dan keondisi kerja tidak akan menimbulkan kepuasan melainkan sekedar mengurangi ketidakpuasan
ü      yg dpat memacu bekerja lebih baik adalah kelompkk satisfier
ü      satisfier/intrinsic factor/job content/ motivation/ high order needs
ü      Dissatisfier / extrinsic faktor/higyene factor/ lower order needs

Share/Bookmark

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More