Motivasi:suatu proses psikologis yg mencerminkan interkasi antara sikap, kebutuhan presepsi dan keputusan yang trjadi pada seseorang, dimana proses psikologis ditimbulkan karena faktor intrinsik dan faktor ekstinsik
Faktor Intrnsik : Kpribadian, sikap, pengalaman, pendidikan, harapan, sistem nilai yg dianut
Faktor ekstrinsik : pengaruh org lain.
P = f (m,k,p)
P : penampilan
M : motivasi
K : Kemmapuan
P : persepsi
- Sehingga motivasi : dorongan yg timbul pd diri seseorang untk berprilaku dlm mencapai tujuan yg telah ditentukan.
Motivasi sebagai mata rantai Need – want – satisfactionation
Needs à cuis rise to à want à which cause à tensions è which give è noise è actions è which result in è satisfactions
TEORI2 MOTIVASI
Dibagi menjadi 2 aliran
1. Teori kepuasan (content theory)
- pentignya oengetahuan thd faktor2 dlm diri bawahan yg n\menybabkan mek berprilaku
- kebuthan apa yg diperlkan olh bawan untk mencapai kepuasan
- dorngan yg menybabkn bwhan itu berprilaku
- maslow, Mc Gregor, Herzberg, Mc Cleland
2. Teori Proses
- Bgmn Bwahan bisa dimotivasi
- dg tujuan apa bawahan itu bisa dimotivasi
Dibagi dlm 2 teori besar yg lain
1. teori insturmental : teori tukar menukar dan teori harapan
2. teori kebutuhan :
a. Teori Hedorisme : dimotivasi scr tepat agr mau bekerja dg baik, dg memenuhi kesenangannya.
b. teori reaksi yg dipelajari (kebudayaan) : untuk memotivasi hrs mengtahui latr belakang kehidupan dan kebudayaan orang2 yg dipimpinnya
c. Teori kebutuhan : tindakan manusiia pd hakikatnyua adal untuk memnuhi kebutuhan, à maslow, , Herzberg, Mc Clelland, victor vrom
c1. teori kebutuhan (statification of needs theory) by Maslow
- manusia adalh binatang yg berkeinginan ‘
- segera setelah suat kebutuhan terpenuhi kebutuhan lain muncul
- kebutuhan2 manusia diorganisir kedalam kebutuha yg bertingkat2
- baru setelah kebutuhan terpenuhi maka mereka tidak mempunyai pengruh yg dominan dan kebutuhan lain yg lebih meningkat mulai mendominasi
5 jenjang kebutuhan pokok manusia
1. Kebutuhan mempertahankan hidup (physiological needs) à sandnag pengan papan
2. kebutuhan aman (safety needs) àkemanan hrta dan jiwa, pelakuan yg adil \, pensin, jaminan hari tua
3. 3 kebutuhan sosial (social needs) : perasaan diterina orng lain (sense of beleong), kebutuhan unuk maju dan tidak gagal (sense of participation
4. kebutuhan akan penghargaan (esteem needs)
5. Kebutuhan mempertinggi kapasiatas kerja (self actualization) : kebutuhan untuk mengembangkan kapasitas mental dan kerja, pendidikan, seminar dll
c.2 Teori pemeliharaan motivasi (motivation maintenance theory) by Herzberg
1) Kelompok satisfers / motivation
2) kelompok dissatisfiers / hygiene factors
v Satisfers : faktor atau situasi yg merupakan faktor kepuasan kerja : achivement, recognation, work habit, responbility, advancement
v Dissatisfier : faktor2 yg menjadi sumber ketdakpuasan. Company policy adinistration, supervison technical, job securit, kondisi kerja, hub dg pemimin
Kesimpulan teori Herzberg
ü perbaikan gaji dan keondisi kerja tidak akan menimbulkan kepuasan melainkan sekedar mengurangi ketidakpuasan
ü yg dpat memacu bekerja lebih baik adalah kelompkk satisfier
ü satisfier/intrinsic factor/job content/ motivation/ high order needs
ü Dissatisfier / extrinsic faktor/higyene factor/ lower order needs