Top Headlines

26 December, 2009

Radio sebagai media penyuluhan




Pengelolaan Radio untuk Media Penyuluhan

Penyebaran informasi lewat radio merupakan cara yang cepat dan efisien. Dengan penyebaran informasi melalui radio kita banyak mendapat keuntungan antara lain : cepat; jangkauan luas; kemasan acara lebih menarik (musik, hiburan, sandiwara dll); sarana komunikasi sangat akrab di masyarakat dan dapat dinikmati di manapun.


Keuntungan lain radio mampu menyebarkan informasi merata di pelosok pedesaan, mempunyai potensi untuk membina integrasi nasional dan merupakan media kontrol sosial dan partisipasi masyarakat. Namun demikian ada beberapa kelemahan dari sistim radio yakni siaran radio waktunya terbatas, informasi yang disampaikan terbatas (tidak detail). Oleh karena itu acaranya harus dibuat menarik. Untuk itu perlu persiapan yang lebih baik agar sesuai dengan selera pendengar, data harus akurat.

Pada era tahun 1980-an, radio telah memberi sumbangan terhadap pembangunan pertanian cukup besar. Kita ingat dengan adanya program siaran pedesaan yang disiarkan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) dan Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan (kelompencapir) yang ditayangkan Televisi Republik Indonesia (TVRI), yang membuktikan perhatian pemerintah pada masyarakat di pedesaan.

Sebagai kilas balik yang disebut dengan siaran pedesaan adalah siaran pendidikan yang ditujukan khusus kepada masyarakat pedesaan, yang bertujuan membantu masyarakat pedesaan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan yang bermanfaat bagi peningkatan kehidupan mereka. Siaran pedesaan mempunyai peran cukup besar dalam pembangunan di pedesaan yaitu :

1) sebagai sumber informasi yang cepat bagi masyarakat pedesaan, karena memungkinkan masyarakat desa mengikuti peristiwa di luar lingkungannya sekaligus menyebarluaskan pertukaran informasi di antara mereka; 2) dapat dijadikan sumber ilham/ide bagi para pendengarnya serta mendorong semangat belajar melalui diskusi kelompok pendengar; 3) membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan; 4) menumbuhkan iklim keakraban dengan mendengarkan pengalaman rekan pendengar/kelompok pendengar dalam siaran sekaligus meningkatkan kebanggaan dan kepercayaan untuk berusaha tani lebih baik; 5) merupakan saluran umpan balik untuk mendukung tumbuhnya sikap demokratis guna mendukung pembangunan di perdesaan.

Radio dan Petani
Dalam siaran radio, bahan/materi yang sama dapat disiarkan dalam berbagai bentuk acara. Menurut Buku Pedoman Siaran Pedesaan (1975), ada sepuluh bentuk siaran radio yang umum dipergunakan dalam siaran pedesaan yaitu berbentuk : uraian, berita pedesaan, laporan pasar, reportase, dialog, wawancara, diskusi, feature, majalah udara dan sandiwara.

Yang dimaksud dengan uraian adalah informasi yang mengena yang penyampaiannya dilakukan secara ramah tidak bersifat menggurui dengan menggunakan kalimat yang sederhana (tidak rumit). Berita pedesaan adalah bentuk penyampaian mengenai peristiwa-peristiwa di daerah perdesaan seperti peresmian bendungan baru, serangan hama dan penyakit ternak dll.

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More