Top Headlines

26 December, 2009

Pemangkasan pada tomat





TANAMAN tomat (Lycopersicumesculentum Mill) termasuk famili Solabaceae merupakan tanaman setahun yang berbentuk herbaceous (perdu) dan umumnya tumbuh baik pada ketinggian 600-900 meter dpl di atas permukaan laut. Selama ini, ada beberapa jenis tomat yang kita kenal di antaranya;
1. Tomat apel (L Pyriporine) bentuk buahnya bulat, kuat (kompak) dan sedikit mirip buah apel. 2. Tomat biasa (L commune) buahnya bulat pipih, lunak, bentuknya tidak teratur dan sedikit berkerut terutama dekat tangkainya. 3. Tomat kentang (L grandifolium) bentuk buahnya bulat dan sedikit lebih kecil ketimbang tomat apel. 4. Tomat keriting (L validum) bentuk buahnya agak lonjong, keras dan daunnya rimbun, berkeriting seperti terserang oleh penyakit virus dan berwarna hijau kelam.
Pertumbuhan tanaman tomat ada yang terbatas (determinate) dan ada yang tidak terbatas (indeterminate). Pada tanaman tomat yang tidak terbatas pertumbuhannya, maka pangkasan adalah mutlak dilakukan, karena jika tidak dilakukan buah yang terbentuk menjadi kecil-kecil dan kemungkinan tidak dapat dipasarkan.
Kondisi buah tomat yang kecil itu terjadi karena unsur hara yang diserap tanaman akan lebih banyak digunakan untuk pertumbuhan vegetatif seperti cabang dan daun. Namun pemangkasan dapat juga dilakukan pada tanaman tomat yang pertumbuhannya terbatas. Beberapa varietas tomat yang biasa dilakukan pemangkasan yakni varietas Gondol, Mutiara, Berlian, Ratna, Intan dan TW (Taiwan).
PEMANGKASAN
Pemangkasan dilakukan sebagai upaya pengurangan persaingan di antara bagian satu dengan bagian lain dalam satu tanaman atau di antara tanaman satu dengan tanaman lainnya dengan mengurangi/membuang beberapa cabang, pucuk atau bagian tanaman lainnya, sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan.
Adapun tujuan pemangkasan pada tanaman tomat, adalah mengendalikan keseimbangan pertumbuhan vegetatif dan reproduktif untuk meningkatkan hasil, memperbesar buah dan mempercepat proses pemasakan buah.
Sementara pangkasan pada tanaman tomat dapat dibedakan dalam tiga macam yaitu pangkasan bentuk, pangkasan bentuk (topping/penarukan), dan pangkasan tunas-tunas di ketiak cabang/tangkai daun

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More