Top Headlines

18 June, 2010

Penyuluhan di Indonesia samapi saat ini

Share/Bookmark

Penyuluhan Pertanian sebagai salah satu faktor pelancar Pembangunan Pertanian. Tetapi, dalam sejarah pembangunan pertani-an di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda, kegiatan penyuluhan pertanian selalu menjadi pemicu dan pemacu pembangunan pertanian.Bahkan, pemerintah Indonesia pernah memperoleh penghargaan dari FAO atas keberhasilan penyuluhan pertanian dalam mendukung keberhasiln pencapaian swasembada beras pada tahun 1984.

Sejak dikenalkannya kegiatan penyuluhan pertanian di Indonesia pada masa penjajahan Hindia Belanda hingga era reformasi di awal abad 21, terdapat beragam pengalaman belajar (lesson learned) sebagai berikut:

(1)Seiring dengan meningkatnya kegiatan penyuluhan pertanian sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya pembangunan pertanian yang dilaksanakan oleh pemerintah (yang sedang berkuasa) di Indonesia, yang (pernah) melibatkan perguruan tinggi sebagai bagian organik dalam struktur organisasi BIMAS, pengembangan penyuluhan sebagaI ”ilmu” tersendiri telah memperoleh per-hatian kalangan perguruan tinggi.

(2)Penerapan sistim kerja LAKU (TV) melalui proyek NFCEP/NAEP, terbukti telah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyuluh-an pertanian.

(3)Menurunnya ”pamor” penyuluhan pertanian yang dilakukan pemerintah, selain disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi yang memung kinkan petani dapat mengakses beragam sumber informasi/inovasi, serta munculnya pelaku penyu-luhan pertanian yang lain (seperti: perguruan tinggi, produsen sarana produksi, dan LSM), juga disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang ”memperluas wilayah kerja” penyuluh pertanian lapangan.

(4)Kurangnya koordinasi antaran BIPP (sebagai lembaga yang khusus menangani penyuluhan pertanian) dengan Dinas (Teknis) terkait,juga menjadi faktor melemahnya pamor penyuluhan pertanian yang dilakukan pemerintah

(5)Belum diterbitkannya beragam peraturan pelaksanaan sebagaimanan diamanatkan dalam UU No. 16 Tahun 2006, merupakan faktor utama belum efektifnya upaya revitalisasi penyuluhan pertanian.

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More