Top Headlines

18 June, 2010

pendekatan pembelajaran penyuluhan pertanian

Share/Bookmark

pendekatan penekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran penyuluhan pertanian antara lain adalah sebagai berikut :
a) Pendekatan Pembelajaran untuk Pembangunan Pertanian Berkelanjutan, yang bertumpu pada 3 (tiga) konsep dasar, yaitu:

1) Kompetensi profesional, melalui pengembangan kemampuan praktisi dengan beragam teori, nilai-nilai, dan kepercayaan tertentu.
2) Penggunaan teori-sistem dan filsafat ilmu dalam kegiatan praktis
3) Belajar kriitis, melalui proses belajar bersama untuk meng-kritisi setiap alternatip perubahan yang ditawarkan.

b) Pendekatan Navigator (Boon dan Murray, 2001), yaitu suatu percepatan perubahan melalaui pengembangan SDM, pembelaran berkelanjutan, dan pola-pikir baru untuk mem-bantu para produsen agar terus melakukan perubahan-perubahan, yang secara singkat disampaikan dalam Gambar 38.

c) Orientasi masa-depan, dan bukan apa yang dilakukan sekarang (Toscano, 2001), dengan memperhatikan:
 kecenderungan global
 perubahan-perubahan masa depan
 perubahan kependudukan
 kemajuan bioteknologi modern
 hukum internasional
 etika dan lingkungan
 kecenderungan bisnis global
 kecenderungan lokakarya global

d) Orientasi kepada keinginan kelompok sasaran (Mcleish, et al, 001) terhadap informasi yang:

 cermat, bersahabat, menyadarkan
 tertulis, sehingga membantu pengambilan keputusan
 sederhana, singkat, dan jelas tentang pesan yang ditonjolkan
 membantu pengembangan diri/usahanya.
 cermat, bersahabat, menyadarkan
 tertulis, sehingga membantu pengambilan keputusan
 sederhana, singkat, dan jelas tentang pesan yang ditonjolkan
 membantu pengembangan diri/usahanya.

) Pendekatan ekonomi/manajemen usahatani, yang mencakup:
 sumbangan yang diberikan (Evenson, 1997)
 efektivitas pembiayaan (Adhikarya, 1995)
 kepuasan pelanggan (Rennekamp et al, 2001) yaitu: relevansi, mutu, kemanfaatan, dan layanan.
 keunikan bisnis (Reeve, 2001)
 perencanaan pemasaran (Nehiley, 2001) yang terdiri: inventarisasi pelanggan, tujuan dan sasaran pemasaran, putuskan pesan yang ingin disampaikan,manfaatkan media yang tepat.

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More