Top Headlines

18 June, 2010

Pengertian penyuluhan pertanian bagian 2

Share/Bookmark

banyak definisi yang kita ketahui tentang penyuluhan, utamananya adalah penyuluhan pertanian, dan sebagian pakar menyebutkan tentang pengertian penyuluhan pertanian adalah sebagai berikut : Pengertian dari penyuluhan adalah proses perubahan sosial, ekonomi dan politik untuk memberdayakan dan memperkuat kemampuan semua “stakeholders” agribisnis melalui proses belajar bersama yang partisipatif, agar terjadi perubahan perilaku pada diri setiap individu dan masyarakatnya untuk mengelola kegiatan agribisnisnya yang semakin produktif dan efisien, demi terwujudnya kehidupan yang baik, dan semakin sejahtera secara berkelanjutan (Mardikanto, 2003).

sedangkan pakar lain yaitu van den ban menyatakan dalam bukunya bahwa Ban (1999) menyatakan bahwa penyuluhan merupakan sebuah intervensi sosial yang melibatkan penggunaan komunikasi informasi secara sadar untuk membantu masyarakat membentuk pendapat mereka sendiri dan mengambil keputusan dengan baik. sedangkan bapak Margono Slamet (2000) menegaskan bahwa inti dari kegiatan penyuluhan adalah untuk memberdayakan masyarakat. Memberdayakan berarti memberi daya kepada yang tidak berdaya dan atau mengembangkan daya yang sudah dimiliki menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi masyarakat yang bersangkutan.


sejauh ini definisi penyuluhan akan terus berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologioleh sebab itu pengertian dasar tetaplah menjadi patokan untuk menyebut sebuah arti dari penyuluhan.

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More