Top Headlines

19 October, 2010

Jalan -jalan ke Vredenburg

Jas Merah (jangan sekali-kali melupakan sejarah) ya itulah kata-kata yang diucapkan oleh Founding Father Republik Indonesia yatu Ir. Soekarno. Kata-kata ini bukan berarti tidak memiliki makna, jika kita berfikir sederhana maka kata-kata ini akan menjadi luas cakupanya, sebagai contoh dari mana asal muasal diri kita siapa ayah kita, siapa ibu kita? dengan berfikir demikian berarti kita sudah mengingat masalalu atau mempertanyakan masalalu kita yang artinya mempertanyakan sejarah. 

Bagaimana kita dapat menikmati sejarah, sejarah dalam bahasa lain disebutkan pula sebagi hikayat, babad, riwayat atau tambo apat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Sehingga dari sejarah munculah ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah atau ahli sejarah disebut sejarawan.


Benteng Vredeburg merupakan saksi bisu sejarah di Ngajogjakarta Hadiningrat (Yogyakarta, Indonesia). Benteng yang berdiri pada tahun 1765 oleh VOC pada masa pemerintahan Hindia Belanda di Yogyakarta. Gedung bersejarah ini terletak di depan Gedung Agung (satu dari tujuh istana kepresidenan di Indonesia) dan Istana Sultan Yogyakarta Hadiningrat yang dinamakan Kraton. Benteng ini dibangun oleh VOC sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan gubernur Belanda kala itu. Benteng ini dikelilingi oleh sebuah parit yang masih bisa terlihat sampai sekarang.
Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau di keempat sudutnya. Di masa lalu, tentara VOC dan juga Belanda sering berpatroli mengelilingi dindingnya.
Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.
 
Lebih lengkapnya temukan di halaman klik here











Share/Bookmark

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More