Top Headlines

19 October, 2010

Sedikit Tentang LKPP

Tahun 2010 ini dibulan September hingga akhir tahun Desember, masyarakat Indonesia khususnya para pencari kerja sibuk mempersiapkan diri menyambut peluang yang telah dibuka lebar-lebar oleh pemerintah Republik Indonesia. Seperti layaknya sebuah kompetisi para pencari kerja berlatih dan menyusun strategi untuk mendapatkan cita-cita sebagai abdi negara. Abdi negara dalam bahasa lain disebut Pegawai negeri, adalah pekerja di sektor publik yang bekerja untuk pemerintah suatu negara. Pekerja di badan publik non-departemen kadang juga dikategorikan sebagai pegawai negeri.
Di Indonesia ini terdapat tiga golongan pegawai seperti yang di lansir dari wikipedia, bahwa ada 3 pegwai yaitu pegai negeri sipil (PNS), Pegawai / anggota TNI dan terakhir Pegawai / Anggota POLRI. 
(Gambar Bendera Republik Indonesia)

Tahun ini Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Republik Indonesia Membuka kesempatan yang sama terhadap putra putri Indonesia, sehingga pendaftaran pun di buka, saya mencoba peruntungan tetapi sayang sekali berkas saya tidak lolos seleksi administrasi :(
Tetapi Setidaknya saya jadi tahu soal lembaga ini atau disingkat dengan LKPP. dibawah ini sedikit sekali gambaran mengenai LKPP lebih lengkapnya kunjungi aja websitenya disini
Tugas Pokok dan Fungsi
Saat ini fungsi LKPP adalah :
  1. Menyusun kebijakan, regulasi, norma, standar, prosedur, manual dalam bidang pengadaan barang/jasa pemerintah termasuk pengadaan badan usaha dalam rangka kerjasama pemerintah dengan Badan Usaha.
  2. Menyusun strategi, kebijakan, rencana, program pembinaan SDM serta sistem pengujian kompetensi profesi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah.
  3. Memberikan bimbingan teknis, advokasi, pendapat, rekomendasi dan tindakan koreksi, bantuan, nasehat, pendapat hukum dan kesaksian ahli terkait dengan pengadaan barang/jasa pemerintah.
  4. Menyusun kebijakan dan sistem pemantauan, penilaian dan evaluasi pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa pemerintah, melakukan koordinasi, pembinaan, pengawasan dan pengembangan sistem electronic procurement.

Sekretariat Utama
Melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengendalian terhadap program, kegiatan, administrasi dan sumber daya di lingkungan LKPP.

Deputi Pengembangan Strategi dan Kebijakan
Melaksanakan perumusan dan pelaksanaan penyusunan strategi dan kebijakan pengembangan pengadaan barang/jasa pemerintah termasuk pengadaan badan usaha dalam rangka kerjasama pemerintah dengan badan usaha.

Deputi Bidang Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi
Melaksanakan pemantauan, penilaian, melakukan evaluasi dan memberikan masukan atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah tahun sebelumnya untuk menjadi bahan penyusunan proses perencanaan dan angggaran serta pembinaan dan pengembangan sistem informasi pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (electronic procurement).

Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia
Mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan penyusunan strategi dan kebijakan pembinaan sumber daya manusia di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah.

Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah
Memberikan saran, pendapat, rekomendasi dalam penyelesaian sanggah dan permasalahan hukum lainnya



Visi dan Misi LKPP

Visi:
Andal dalam mewujudkan sistem pengadaan yang kredibel.
Misi:
Mewujudkan aturan pengadaan yang jelas, sistem monitoring dan evaluasi yang andal, sumber daya manusia yang profesional, dan kepastian hukum pengadaan barang / jasa pemerintah.








Share/Bookmark

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More