Top Headlines

08 March, 2011

Misteri Buaya Putih Ternate

Danau Tolire adalah danau yang terletak di Ternate, Maluku Utara. Danau yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate ini, menyimpan legenda yang mendasari terbentuknya danau tersebut, disitat dari halaman wikipedia



Danau yang terletak di kaki Gunung Gamalama yang terletak di Ternate, Maluku Utara, terdiri dari dua danau. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai danau Tolire kecil dan Danau Tolire besar dimana jarak keduanya hanya 200 meter.



Danau Tolire besar secara fisik berwarna cokelat kekuning-kuningan dan berair tawar sehingga banyak ikan yang hidup disini begitu pula dangan danau Tolire kecil berwarna lebih jernih. Masyarakat sekitar menyebut danau Tolire dengan sebutan Gam Jaha menurut legenda ratusan tahun sebelum berdiri kerajaan ternate danau Tolire merupakan sebuah perkampungan. Tersebutlah sebuah kampung yang masyrakatnya hidup makmur dan damai, segala macam kebutuhan pangan terpenuhi dan tidak kekurangan sedikitpun.

Kehidupan yang aman ini akhirnya berubah menjadi bencana bagi seluruh penduduk kampung, seperti peribahasa gara-gara nila setitik merusak susu sebelangga, salah seorang penduduk kampung melakukan tidakan

tidak terpuji, dia menghamili anak gadisnya perbuatan ini membuat sang penguasa alam murka, sehingga ketika pasangan ayah dan anak ini hendak melarikan diri keluar dari kampung seketika tanah yang diinjak ambles dan menggubur seluruh penduduk beserta pasangan Ayah dan anak tersebut.

Akibat amblesnya tanah tersebut keluarlah air yang kemudian memenuhi setiap ruas tanah dan terbentuklah danau Tolire. Menurut kepercayaan masyarakat danau Tolire yang besar mencerminkan figur ayah dan danau Tolire kecil mencerminkan putrinya.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat dilarang menangkap ikan atau mandi di danau Tolire besar, mereka meyakini danau Tolire dihuni siluman buaya putih, yang terkadang menanmpakkan diri ditengah danau dengan panjang sekitar 10 meter.

Penduduk setempat yakin di danau Tolire Besar banyak menyimpan harta karun milik Kesultanan Ternate yang disembunyikan ketika Portugis menjajah Ternate pada abad ke-15. Masyarakat Ternate saat itu banyak membuang (ke danau) harta berharganya, agar tak dirampas.

Berdasarkan ilmu geologi, terbentuknya Danau Tolire adalah akibat dari letusan alam yang bersifat freatik yang mengakibatkan lubang menganga yang besar di daerah letusan. Sementara itu kemungkinan besar buaya putih yang nampak adalah jenis aligator albino yang juga pernah di temukan di Perusahaan eksplorasi dan pertambangan Louisiana tahun 1987 seperti dikutip dari crocsite.com









Share/Bookmark

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More