Top Headlines

04 February, 2010

Manfaat daun salam

Share/Bookmark





Pernah dengar nama daun salam? pernah lihat wujudnya? ato pernah menanamnya?
Daun salam dalam bahasa latinnya (Euginia Polyantha) tersebar dan tumbuh di daerah pegunungan dan hutan, namun adakalanya daun salam juga di tnam oleh warga di pekarangan rumah karena cukup mudah untuk menanamnya.
Daun salam sendiri merupakan tanaman berakar tunggang, dengan ciri morfologi fisik batang pohon yang bulat dan licin, dan bisa memiliki tinggi mencapai 25 meter, sehingga bisa di bayangkan berpa banyak daun salam yang di hasilkan dalam satu pohon?
Daun salam memiliki sebutan yang khsa di macam-macam suku di Indonesia sebut saja suku sunda atau orang sunda menyebutnya sebagai Gowok, orang jawa menyebutnya sebagai Manting atau katalom. Dalam keseharian masyarakat indonesia daun salam bisanya digunakan untuk bumbu dapur, aroma khas minyak atsiri yang di kandung daun salam memabah khas aroma masakan. cara penggunaan daun salam beragam, baik dipakai pada saat segar maupun sudahkering. Selain minyak atsiri daun salam juga mengadung zat sitral, eugeol, tanin dan flavonida. Zat tanin misalnya bermanfaat untuk menciutkan sehingga jika seseorang menggunakan daun salam untuk penyembuhan diare, aa juga untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi keluarnya keringat. dari penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti, diketahui daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.(atp)
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More