Top Headlines

19 October, 2010

Benteng Vredeburg (fort Vredeburg)

Kekuasaaan dan mempertahankan kekuasaaan adalah sesuatu yang abadi didunia ini dan akan selamanya bergulir sampai akhir zaman. Pada masa lampau pada zaman dimana teknologi belum maju dan luar negara menjadi suatu ukuran sebuah kekuasaan, maka timbulah ide memperluas kekuasaan, menyebarkkan doktrin dan mencari kekayaan. Dimulai munculnya kerajaan-kerajaan besar di dunia mulai dari byzantium, konstatinopel, romawi, mesir, hingga khalifah dan penjajahan modern seperti ekspansi eropa ke wilayah ASia. 

Penajajghan atau yang disebut juga proses kolonialisme di sebuah negara menjadi hal yang lumrah pada abad ke 18 hingga abad ke 19. para penjajah menunjukan pada dunia ekssistensi sebuah negaranya dan kekuasaan yang dicapai melalui proses kolonialisme. tentunya untuk mempertahankan kekuasaan dibutuhkan sesuatu pertahanan di wilayah kolonialnya. SAlah satu bentuk pertahanan untuk membuat benteng. 

Benteng adalah bangunan untuk keperluan militer yang dibaut untuk keperluan pertahanan sewaktu dalam peperangan. Benteng sudah dibangun oleh umat manusia sejak ribuan tahun yang lalu dalam berbagai bentuk dan pada akhirnya berkembang menjadi bentuk yang sangat kompleks





Salah satu benteng yang saya kunjungi beberapa waktu silam adalah benteng vredenburg yang terletak di provinsi Yogyakarta, Indonesia. Benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh VOC pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda. yang bertujuan untuk memperthankan daerah kekuasaanya terutama wilayah Yogyakarta.

Gedung bersejarah ini terletak di depan Gedung Agung (satu dari tujuh istana kepresidenan di Indonesia) dan Istana Sultan Yogyakarta Hadiningrat yang dinamakan Kraton. Benteng ini dibangun oleh VOC sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan gubernur Belanda kala itu. Benteng ini dikelilingi oleh sebuah parit yang masih bisa terlihat sampai sekarang.

Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau di keempat sudutnya. Di masa lalu, tentara VOC dan juga Belanda sering berpatroli mengelilingi dindingnya.
Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia.

 (Tampak depan Fort Vredeburg)




 Benteng yang saat ini menjadi tujuan wisata, ternyata didalamnya juga terdapat museum dan diorama tentang kejadian-kejadian yang terjadi selama masa zaman kemerdekaan yang berlangsung di Yogyakarta.
Lebih lengkapnya bagaimana suasana di didalam benteng?
Langsung ke TKP





(Gambar jika kita memotret dari pintu gerbang depan, gambar diorama divredeburg)



Prasasti Taman Siswa (Ki Hadjar Dewantoro)



 (halaman didalam Benteng Vredenburg)



(selain sebagai museum benteng ini juga menjadi lokasi favorit suuting FTV)

Benteng Vredenburg juga bisa menjadi arena phothographi yang bagus, karena benteng ini berada di tengah kota yogyakarta sehingga kita bisa mengambil gambar yang bagus seperti di bawah ini




Bagaimana tertarik? Kunjungi Indonesia 







Share/Bookmark

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More