Top Headlines

24 June, 2011

DPKP Dimekarkan, Potensi Berkembang

BALIKPAPAN-Dimekarkannya Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) menjadi dua bagian,  bukan hanya persolan pembagian beban tugas yang cukup berat. Tetapi, lebih penting dari itu soal penggarapan potensi kelautan dan pertanian agar lebih maksimal dan efektif.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Balikpapan, Suryanto, mengatakan potensi pertanian dan kelautan di Kota Minyak cukup besar. “Dengan terpecahnya dinas ini (DPKP, Red) maka potensi kelautan dan pertanian kita akan tergarap maksimal. Karena lebih focus,” ujar Suryanto.
Dia menjelaskan, untuk potensi pertanian yang dimiliki Balikpapan sebenarnya cukup besar. Luas lahanya sekitar 10 ribu hektare yang berlokasi, rata-rata beradai di kawasan Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara. Sementara potensi kelautan yang dimiliki juga tidak besar, Balikpapan memiliki luasan laut sekitar 300 kilometer dan masuk dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.
Luas Balikpapan itu sebenaranya 803 kilometer persegi. Rinciannya daratan seluas 503 kilometer persegi dan lautan 300 kilometer persegi. Nah ini semua potensi yang dimiliki kita. Apalagi posisi Balikpapan masuk dalam ALKI II.  “Nah ini tengah kita persiapkan semuanya dalam rangka pengembangan ekonomi di Balikpapan,” terangnya.
Untuk menunjang pengembangna potensi laut, Suryanto menyebutkan, bahwa pemkot dan DPRD juga tengah mempersiapkan pembangunan Sekolah Menangah Kejuran (SMK) Kelautan dan Perkapalan di kawasan Balikpapan Barat. Selain itu juga, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan mendirikan Pusat Studi Kelautan di sekitar kawasan Somber.  “ Itu yang tengah kita persiapkan ke depan. Studi-studi terkait keluatan ini  kita lakukan untuk mempersiapkan rencana strategisnya,” tandas Suryanto.
Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) akan dimekarkanmenjadi dua, yakni menjadi Dinas Pertanian dan Perkebunan (Disperbun) serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Pemkot juga sudah melakukan komunikasi dengan DPRD Balikpapan. “Tahun ini masih kita persiapkan segala sesuatunya. Kalau semua lancar, tahun 2012 sudah bisa dipisah,” ujar Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Sekdakot, Roby Ruswanto.
Sekarang ini, pihaknya sedang melakukan persiapan terkait peralatan, personel, pembiayaan dan dokumen (P3D). Kemungkinan, sejumlah pegawai yang ada di DPKP akan dialihkan. Baik dari Dinas Pertanian dan Perkebunan ke Dinas Kelautan dan Perikanan, atau sebaliknya menyesuaikan kebutuhan sumber daya manusia (SDM).
Untuk pejabatnya, akan dipimpin pegawai berstatus esselon IIb serta beberapa pejabat esselon III yang ditugaskan pada posisi sekretaris dinas dan kepala bidang (kabid). Upaya ini  juga dilakukan dalam rangka ketahanan pangan, meskipun Balikpapan sifatnya kota modern,  namun pengembangan di sektor pertanian mutlak dilakukan.
“Atau kalau masih kurang, bisa saja kita mencabut pegawai dari SKPD (Satuan Perangkat Kerja Daerah,Red) yang lain. Semua memungkinkan untuk dilakukan,” katanya.(die)


Share/Bookmark

0 komentar:

Post a Comment

Saran dan KIritik terhadap blog ini akan sangat bermanfaat bagi keberlanjutan dan kekreatifan blog ini

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More